Diskusi

Masalah anda jangan dipendam dalam hati, diskusikan permasalahan anda di halaman ini. 

41 Responses

  1. bang minta undeepfreezenya lah.

  2. Aparaa……
    saya, sinurat, ingin bertanya
    selama ini saya telah menjalin hubungan dengan boru silaen, dan ada rencana ingin menikah dengannya
    bagaimana ? apakah boleh saya menikahi boru silaen ?
    mohon informasinya
    mohon dikirim via email : asidoroha@gmail.com

  3. saya ingin bertanya
    selama ini saya telah menjalin hubungan dengan boru sinambela, dan ada rencana ingin menikah dengannya
    bagaimana ? bagaimana sebenarnya tarombo silahisabungan dan siraja oloan? mohon informasinya

  4. Kita masih muda, memang perlu untuk mengerti tentang tarombo kita.
    untuk apara Yudith & Oktavianus kalau lebih baik bertanya kepada orang tua kita, sebab restu orang tua yang lebih penting.
    kalau tidak salah hanya kepada marga tampubolon dan manulang yang orang tuaku masih pesankan untuk tidak dinikahi.
    tapi memang untuk marga dari raja oloan seluruhnya kecuali marga manulang masih bisa dinikahi/ menikahi, hanya biasanya kurang sejahtera/ harmonis.

  5. Horas..

    Padan Silalahi dengan Tampubolon, bukan antara Silahisabungan dengan Tampubolon.
    Jadi kalau Tambunan menikah dengan br. Tampubolon atau sebaliknya itu tidak masalah.
    Hanya Silalahi yang tidak dapat menikah dengan Tampubolon.
    Begitu juga dengan pomparan Raja Oloan, banyak pomparan silahisabungan menikah dengan pomparan raja oloan.

    Buat anggi doli ku semua, sebelum berteman sebaiknya anda mengetahui siapa wanita yang akan anda dekati dan pacari, jangansudah lama berteman / pacaran, baru tahu ternyata yang anda pacari adalah ito sendiri ( kasihan kan..ito kita…)

    jangan perenah membuat keputusan menikah sebelum anda tahu siapa calon istri anda, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

    salam

  6. horas……….!
    aku mo nanya nich, referensi yang bagus tentang “Masih Adakah Masa depan untuk Tuhan…? tolong ya ……….. makasih duluan ya. (Mauliate godang)

  7. Horas…., Bagi Abang2 dan ito semua ada yg punya foto Tugu oppung Kita Raja Silahisabungan ngak ..?? saya butuh bgt. tolong di share yah or PM saya……. Mauliate. Horas

  8. Horas,
    Mau tanya donk, Siapa ketua kumpulan Silalahi atau Sipayung(Simalungun) se Jabodetabek periode 2008 ini.

    Saya mohon bantuannya untuk mengirimkan nama, alamat lengkap, no tlp dan HPnya. Ada sesuatu yang penting yg hendak saya tanyakan.

    Mohon infonya dapat dikirim ke alamat email: simalungun.jaya@yahoo.com

    Terima kasih,

    Simalungun

  9. Hanya sekedar mau ucapin:
    Slamat Hari Natal
    buat semua rekan-rekan dan handai tolan yang membaca blog ini.

    Trim’s Tuhan Yesus memberkati

  10. Selamat Tahun Baru 2009, semoga tahun ini menjadi tahun pengharapan buat kita semua.
    Syaloom.

  11. Horas untuk semua silahisabungan.

    Saya mengajak semua pomparan silahisabungan untuk masuk dalam semangat “SILAHISABUNGAN MEMBAWA PERUBAHAN DISETIAP WILAYAH YANG DITEMPATI”. Sehingga pada masa-masa yang akan datang marga kita mampu menjadi berkat untuk masyarakat yang lebih luas.

    Untuk internal silahisabungan, mari kita diskusi tentang beberapa masalah yang masih jadi perdebatan. Tapi pada sisi yang lain kita juga harus membagi pikiran “KARYA APA YANG BISA KITA HASILKAN” sebagai ikon silahisabungan.

    Saya berharap diskusi tentang karya nyata, akan semakin kuat dan membumi.

  12. Horas……..
    Parjolo ma hupatandahon au,Ia au S.Damanik/br.Silalahi tinggal di Balikpapan.parjolo ma marsattabi au tu hula2 niba marga Silahisabungan nasongon masukan do nuaeng on jala nahuboto saotik soal masalah silsilah silahisabungan.
    Ia oputta silahisabungan 3 ( tolu ) istrina
    istri na @1 ( parjolo ) ima boru nabolon ia anakna ima Silalahi raja > istrina silalahi raja >ima boru sipitta haomasan / Br.Simbolon ia anakna adong 3 (tolu) > #1. Siraja Tolping.adong 4(opat) anakna 1. Lumban Turpuk 2. Lumban Batu 3. Lumban Tonga-tonga 4.Sosor galung. #2. Sibursok Raja > anakna adong 2 (dua). 1. Guru Tahi 2. guru Pisos-piso. #3 Siraja bunga-bunga / siraja Parmahan > anakna adong 3 (tolu) 1. Ulu Balang Nauli 2. Pande Raja 3. Raja Pandua. istri na @2 (dua) boru batang Hari / pinggan Matio mempunyai 7 anak 1. Sihaloho raja 2. Situkkir Raja 3. Sondi raja 4. Sinamutar Raja 5. Sinabarita Raja 6. Sinebang Raja 7. Sipittu Raja. istrina @3. Boru Manurung > anakna : Sitambun raja > mempunyai 3 anak 1. Pagaraji 2. Batuara 3. Sunge.
    jadi mauliate ma tadok tu Tuhan i alai dilehon do dihita Pomparan ni Oputta i Silahisabungan hasadaon ni roha. horas ……. ma…… dihita sude.God bless you all.

  13. Horas ma dihita saluhutna,

    To ho do i, bahwa hita ikkon paboahon sejarah tu akkan gellengta, nang au pe diceritahon Bapa do tu au tentang Oppu Silahi Sabungan. Adong do tarombo dohot Buku i di jabu nami, i Medan. Mauliatema.
    Singkatna, Istri pertama: Op. Br. Padang Batang Hari,
    molo i dok Bapa ( Boru situmorang ma on saonari), Pitu ma anak sada boru. Alai dimasa hangoluan Op. Br. Batang Hari, mangaranto ma Op. Silahi sabungan. Singkat cerita, mangoli ma tu anak ni Raja, Boru Manurung, Lahirma Tambun Raja, singkat na diboan ma on mulak tu huta, Silalahi Nabolak. Singkat cerita, tung pe nunga dang menyusui Op.br. Batang Hari, gabe boido menyusui Tambun Raja,
    (Idora asa idok Oppui, naso boi dokkonon muna sian dua inang Hamuna),

    Aah, songoni majo cerita i. Boi do haduan pinaganjang. Alai, toringot tu sintongna manang daong, manang idia naunsintong, ra ikkon marsabar ma hita sude. Mungkin porlu bantuan para ilmuan, contoh Archeolog. Taringot tu si, ikkon marsihaholongan do hita popparan ni Oppu Raja Silahisabungan. Horas ma dihita saluhutna. Horas!!!

  14. Salah alamat email. Sorry!

  15. mau tanya bang loho..milist haloho ada nggak ya…

  16. Horas ma bamu lawe Salamat Damanik, lang adong tolu parsonduk ni Ompu Raja Silahisabungan dua do daham, homa lang anakni Silalahi Raja ima Raja Bunga-bunga anakni Ruma Singap do,han Sondi Raja, Diateitupama bamu.
    Par Sirungkungan- Haranggaol.

  17. maish ingat waktu pengetikan medica. apa kabar. dimana sekarang

  18. kunjungi yahoo messanger abang ya.

  19. kirim no hp mu ke 081361119xxx

    =========Nomor abang aku sensor yah=======

  20. Horas
    Ikut diskusi lah aku ini..
    Sebagai anak muda batak yang pasti suatu saat tidak akan lepas dari partuturan, dan sakit jika sampai dikatakan orang kalau aku ini DALE..
    Terlepas dari turi2an oppung silahisabungan baik versi yang mana, aku mau menanyakan dalam diskusi ini..
    1. Apakah padan silahisabungan dengan siraja oloan?.
    2. Sebenarnya apakah seluruh keturunan silahisabungan tahu ada padan dengan manulang. Karena jikalau padan silahisabungan dengan raja oloan, maka dari naibaho sampai manulang, kita tidak akan marsialapan, tapi yang ada sekarang sudah saling menikah, tapi, untuk manulang belum ada yg menikah( dlm kontek diterima adat), namun itu hanya pada silalahi raja,
    3. Merasa marpadan kembalikah 7 turpuk atau salah satu dari 7 turpuk yang marpadan dengan manullang…

    Tolong untuk disharingkan kita semua.
    Horas

  21. Horas…………

    Op.Raja Silahi Sabungan hanya menikah 2 x. yaitu pada br. Padang Batanghari dan br.Nairasaon. Gak mungkin orang yang sudah mati kawin 2x. tx

  22. Horas,

    Saya mau tanya, apakah marga silalahi (sidabariba) bisa menikah dengan boru sinambela?

  23. Pada dasarnya perkawinanan antara Sidabariba dengan Sinambela dibolehkan. Tidak ada alasan untuk menolak hubungan itu.

  24. Horas Bang Lamdor,

    Makasih buat jawabannya. Itu sangat melegakan hati saya. Boleh tidak saya bertanya lebih lanjut tapi tidak dalam forum diskusi ini? Kl boleh sy bisa minta alamat emailnya?

    Mauliate.

  25. Horas..

    Terima kasih Bapauda Lamdor Sihaloho atas adanya forum diskusi ini, semoga menambah erat tali persaudaraan kita yang sudah lama terjalin sesuai dengan poda ni Ompunta Raja Silahisabungan “Poda Sagu Sagu Marlangan”.

    Sedikit ikutan nimbrung :

    1. Tarombo Raja Silahisabungan

    Horas Amangboru Salamat Damanik..:)
    tentang tarombo Raja Silahisabungan, benar adanya seperti yang dikatakan Bapauda Robert Sihaloho dan Jonnedi Sihaloho..tapi suatu saat pasti ada hasil dari kesabaran kita semua untuk menemukan sejarah sebenarnya..saat ini yang harus kita hindarkan adalah pertengkaran yang tidak penting sehingga memecah belah pomparan ini..semoga saat ini dapat dicapai solusi terbaik dari hal ini..dan tidak perlu kita harus berdiri di hadapan Batu Sijonjong dan Batu Sigadap hanya karena ingin tahu siapa yang benar dan siapa yang salah..:)

    2. Padan dengan Si Raja Oloan

    Padan ini sebenarnya sudah ada lama sebelum diteguhkan kembali oleh marga Manullang kemudian.
    Padan diteguhkan pada saat Raja Silahisabungan (Silalahi Nabolak/Dairi) akan berpisah dengan adik tercinta dan yang paling disayanginya yaitu Si Raja Oloan (ke Pangururan dan kemudian ke Bakara). Ketika itu mereka melarikan diri bersama abang mereka Sipaettua (ke Laguboti) dari Huta Lumban Gorat ( Balige ) karena bertengkar dengan saudara sulung mereka Sibagot Ni Pohan hanya karena terlambat membawa “soban” (kayu bakar) untuk pesta.

    Kalaupun ada yang menikah diantara keturunan Raja Silahisabungan dengan Si Raja Oloan menurut pengamatan saya hanya karena 1 (satu) hal saja, letak geografis pada saat itu atau mereka 1 (satu) kampung/huta, kalaupun masih ada hal lain yang tidak saya ketahui berarti sudah jodohnya atau itu sudah kepepet..*smile*..seperti yang dikemukakan oleh 766hi (Pangururan – Bakara).

    Kalau masih hal seperti ini masih lumayanlah tingkat resikonya..bagaimana dengan hal pernikahan marga Tambunan/br.Tambunan??atau Tampubolon/br.Tambunan??itu terjadi karena mereka tinggal di 1 (satu) tempat/kampung/huta yaitu Balige.

    Usul saya sebaiknya mintalah nasehat kepada orangtua kita tentang hal tersebut diatas.

    Tarombo adalah hal yang membuat Bangso Batak menjadi unik dan hebat di dunia ini.

    Mauliate.Horas.

  26. horas ma dihita saluhutna.
    kita semua keturunan raja silahisabungan marpadan do hu semua keturunan ni siraja oloan.jadi dang boi dope hita marsibuatan!

  27. Menanggapi padan antara Si Raja Oloan dengan Raja Silahisabungan:
    Sedikit membingungkan memang untuk mengetahui apakah Si Raja Oloan dengan Raja Silahisabungan pernah mengucapkan kata padan.
    Benar kalau dari sejarah yang kita ketahui, kalau antara Si Raja Oloan dan Raja Silahisabungan pernah pergi dari kampung orang tua mereka, Tuan Sorbadibanua. Tapi dari sejarah yang pernah saya baca, mereka tidak pernah marpadan satu anak (si sada anak, si sada boru). Hal ini juga pernah dijelaskan oleh salah seorang pengurus Punguan Silahisabungan di kota Medan.
    Sehingga, saat ini sudah banyak keturunan Raja Silahisabungan yang saling menikah dengan keturuan Si Raja Oloan. Tidak usah jauh-jauh, dari kami yang satu ompung, tiga orang kakak kami menikah dengan marga dari Si Raja Oloan, 2 Sitindaon dan 1 Sinambela.
    Versi lainnya yang mengatakan kalau keturunan Raja Silahisabungan hanya tidak boleh saling menikahi beberapa keturunan Si Raja Oloan seperti, Manullang. Ada dua marga lainnya, saya lupa persisnya.

    Mohon koreksi bila ada kesalahan….horas

  28. horas ma dihita saluhutna.
    yang jadi pertanyaan appara lamdor idia do huta ta?

  29. Horas !
    Kami Tambunan tidak pernah merasa marpadan sama marga lain.
    Jadi tidak ada larangan berkeluarga dengan pomparan Si Raja Oloan, termasuk marga / boru Manullang.

    Juga tidak ada larangan berkeluarga dengan marga / boru Tampubolon.

    Yang kami tau bahwa Tambun / Tambunan adalah sebagai anggidoli di Silahisabungan.
    Tambun / Tambunan martulang ke marga Manurung.

  30. Horas,
    bukan tambunan yang marpadan tapi opungta silahisabungan do.
    NB.1.jadi padan opung silahisabunan dang dohot hamuna marpadan?
    2.jadi molo tulang nami dang dohot hamuna martulang?pake jo logikam bapauda.

  31. untuk marga tambunan kami selalu memangil bapauda.untuk boru tambunan kami selalu panggil namboru.itu sebagai rasa hormat kami pada kalian marga tambunan.dan tak bisa dipungkiri bahwa dalam sejarah opung silahisabungan lebih dekat dan sayang kepada kalian.dalam keluaga saya diajarkan agar selalu hormat pada marga tambunan daripada ke yang lain.teriris hati saya dengan komentar uda tambunan diatas.jujur saya mau tanya sumber uda darimana?

  32. untuk appara lamdor,emang ada marga sitindaon?

  33. @bagushasian

    Tolong baca ulang tulisanku di atas, adakah yang salah ?

    Janganlah memaksakan kehendak pada marga Tambunan,
    Kalau ingin mengikuti poda ni akka oppunta sijolo-jolo tubu, maka ikutilah.
    Kalau ingin marpadan dengan marga lain, silahkan . Tapi jangan paksa anggidolimu ikut marpadan.

    NB : Op. Raja Silahisabungan adalah bersaudara ( abang adek ) terhadap Op. Si Raja Oloan ,
    Jadi bukan marpadan.

    Oppui ada 4 bersaudara :
    1. Puraja Sibagotnipohan
    2. Puraja Silahisabungan
    3. Puraja Sipaettua
    4. Puraja Si Raja Oloan

  34. horas!
    dari semua buku tarombo yang aku baca memang ngga pernah disebutkan padan silahisabungan dengan siraja oloan dan masih banyak lagi yang tidak diceritakan.tetapi dari orangtua dan opung kami itu masih diceritakan dan dipegang teguh sampai saat ini.uda tambunan mau percaya/tidak aku ngga maksa.tapi dari komentar uda di atas seperti ada dinding tipis yang memisahkan kita.
    NB.opungmu do opunghu,bapamu do bapahu,omamu do omahu,ibotom do ibotohu.ho do au.pikiri majo uda.

  35. horas.
    amangboru Salamat Damanik,pesan molo hula-hula lagi diskusi unang dohot-dohot hamu.dang urusi hamu tarombo nami.tarombom mau urusi,husukkun ma hu hamu boi do sagala mangalap br limbong?ima jo PR mu.

  36. ” NB : opungmu do opunghu,bapamu do bapahu,omamu do omahu,ibotom do ibotohu.ho do au.pikiri majo uda. ” ==> benar , tapi ini berlaku diantara kita pomparan Puraja Silahisabungan.

  37. Horas.
    komentarku diatas hanya sebagai penambah pengetahuan,siapa tau,ada marga naibaho,sihotang,nambela dll manggil abang sama uda jadi uda udah tau jalannya(na songon on do dalan na).kalo masalah kawin,boru batak,jawa,sunda ngga ada yang ngelarang ko.

  38. Horas.

    molo nahuboto taringot tu Padan marga tambunan dang dohot marpadan tu Tampubolon alaniido asa boi marsialapan Tambunan dohot Tampubolon,namborukku sandiri adongdo muli tu marga Tampubolon

  39. Horas ma di natua tua nami.Na lao sungkunon ku apala on do, au boru malau bereni sinamutar.Aali au adong margaul tu marga tambunan, boi do i marsialapan? mauliate.

  40. horas di hamu saluhutna

  41. horas sude pomparan siraja oloan
    au boru muna manang ito,adek,akkang muna mona manullang..
    LANJUTKAN terus Si raja oloan ni yach..unang marsiambilan hamuna…alani sada opung do hita…dan itulah keistimewaannya…toho kan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: