Danau Tobaku, Riwayatmu Kini


Awal bulan Februari 2009 lalu, aku pulang ke tanah kelahiharanku di Samosir melalui jalan tele. Sejak memasuki Simpang Tele tak henti-hentinya mata ini memandang pemandangan pegunungan yang mengelilingi Danau Toba.

danau-tobaMemasuki setengah jam perjalanan setelah hanya menyaksikan pemandangan pegunungan, mataku tertuju pada hamparan air yang menggenangi Danau Toba. Indah…Dalam hati aku bersyukur karena Sang Pencipta telah memberikan Danau Toba bagi bangsa Batak.

Tetapi, rasa kagumku terhadap keindahan Danau Toba berhenti setelah aku menyaksikan danau terbesar di Indonesia itu lebih dekat. eceng gondok yang tak jelas dari mana awalnya telah menyebar hampir di sepanjang pinggiran Danau Toba. Kumpulan tumbuhan-tumbuhan liar perairan itu bagaikan bom waktu yang setiap saat siap untuk menutupi permukaan air.
Kubayangkan bila itu terjadi, kehidupan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekelilingnya akan semakin tertinggal.

Nelayan-nelayan danau akan kesulitan untuk menangkap ikan, kapal-kapal akan berhenti beroperasi karena tak lagi ada pengunjung yang berminat mengunjungi Danau Toba. Pedagang-pedagang juga terpaksa menggudangkan barang dagangannya. Dan tak akan ada lagi keramba ikan yang menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat pinggiran Danau Toba. Dan yang lebih menyakitkan lagi, kehidupan masyarakat sekitar juga terancam karena air yang dulu dimanfaatkan untuk minum dan memasak terancam tidak lagi layak untuk dikonsumsi.
Dalam anganku, suatu hari nanti akan ada orang-orang yang tulus ingin menyelamatkan keindahan Danau Toba dari kepunahan. Dan aku ingin pada hari itu aku ikut di antara mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: