Meditasi Rutin Mampu Perlambat Penyakit AIDS


Meditasi yang dilakukan secara rutin ternyata mampu memperlambat penyakit AIDS. Bahkan, efek positif dari meditasi tersebut dapat dirasakan hanya dalam hitungan pekan.

Menurut David Creswell, peneliti dari University of California Los Angeles, Amerika Serikat (AS), semakin sering penderita AIDS melakukan meditasi, efek positif yang dirasakan semakin kuat.

“Para penderita penyakit AIDS yang melakukan meditasi secara rutin dalam porsi yang cukup mampu memperbanyak jumlah sel CD4 T. Sel ini berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia,” papar Creswell dalam laporannya di Brain, Behavior, and Immunity yang dirilis kemarin.

Pernyataan Creswell didukung studi yang baru saja dia rampungkan bersama sejumlah rekannya. Studi tersebut melibatkan 67 pengidap HIV positif dari wilayah Los Angeles dan sekitarnya. Dari jumlah itu, sebanyak 48 penderita diminta melakukan meditasi sebagian dan penuh. Meditasi dilakukan selama delapan pekan dengan durasi antara satu hingga dua jam setiap harinya.

“Setelah dua bulan, mereka yang melakukan meditasi lebih sering mempunyai jumlah sel CD4 T lebih banyak. Belum ada penjelasan pasti tentang hubungan meditasi dengan peningkatan jumlah sel itu,” jelas Creswell.

Ia lebih lanjut mengungkapkan, efek positif meditasi akan lebih terasa jika penderita AIDS rutin meminum obat AIDS yang berfungsi menekan perkembangan virus HIV AIDS. Meski mampu meningkatkan jumlah sel CD4 T, kata Creswell, meditasi dan obat AIDS hanya berfungsi untuk memperlambat penyakit AIDS, bukan mengobati.

Menurut hasil studi yang dirilis The Lancet, obat AIDS dan terapi yang benar dapat meningkatkan harapan hidup penderita HIV AIDS hingga 13 tahun. Creswell menambahkan, kebanyakan penderita AIDS mengalami stres berat.

Dengan melakukan meditasi yang benar, mereka dapat mengurangi tingkat stres. “Penderita AIDS harus berpikir positif. Mengenang masa lalu yang kelam dan pesimistis terhadap masa depan justru akan memicu stres,” jelasnya. (sumber:www.okezone.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: