Saya Bangga jadi Orang Batak


Sebagai suatu Bangsa yang memiliki bahasa, wilayah, rakyat, dan memiliki aksara (huruf), patutlah saya bangga dilahirkan sebagai orang Batak….Adat budaya yang ditanamkan sejak saya kecil, membuat saya mengerti akan artinya hukum adat…sehingga membuat saya memilih profesi di bidang hukum….itulah pula yang menjadi jawaban mengapa banyak lawyer di Indonesia ini yang orang Batak….

Kebanggaan saya sebagai orang Batak tidak hanya cukup sampai disitu.beberapa ciri-ciri orang Batak yang membanggakan saya, antara lain :

1. Orang Batak memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap keluarganya..jadi bahagialah wahai engkau puteri Batak apabila ada doli-doli yang sedang pdkt…karena putera-putera Batak diciptakan untuk bertanggungjawab kepada Marga (keluarga)…Inilah yang membuat tingkat perceraian di keluarga Batak bisa dibilang “sedikit”….karena orang Batak akan dikucilkan apabila dia bercerai (marsirang)

2. Orang Batak dilahirkan dengan suara dan logat bahasa yang tegas…memang menjadi ekstrim apabila orang Batak berbicara di suatu kumpulan orang-orang yang beda suku…namun dengan ketegasan logat bahasa tersebut, maka banyak orang-orang Batak yang diangkat menjadi ketua…minimal wakil dalam suatu organisasi kemasyarakatan…(tidak perlu ditulis organisasi-organisasi mana saja itu)

3.Orang Batak pantang menyerah.. dahulu karena memang keberadaan kita yang jauh dari pusat pemerintahan (waktu jaman penjajahan belanda), maka Pemuda-pemuda Batak kurang mendapat kesempatan tampil dalam perjuangan membentuk negera RI ini…namun kendala tersebut tidak membuat tokoh-tokoh masyarakat Batak pada waktu itu untuk menyerah…berbekal baju dibadan dan doa restu orangtua…banyak Pemuda-Pemuda Batak datang ke Java untuk menjadi TNI, Guru, Hakim, Jaksa dan Birokrat lainnya….Organisasi Politik juga sarat dengan orang Batak…so dont mess with Batak…..hahahaha

Gue Bangga jadi orang Batak, walaupun tidak dilahirkan di Bona pasogit..

Belajarlah mencintai Bahasa dan Adat Budaya Batak, karena hanya 24 Bangsa di Dunia yang serataf dengan Batak karena memiliki Bahasa, Aksara, Wilayah, Adat-Budaya, Gorga, Astronomi, Tarian, dll

Mauliate…

(Tigor L. Manik:www.gobatak.com)

8 Responses

  1. BATAK=Banyak Akal Tidak Akan Kelaparan

  2. Setuju. Lae Tigor, tulisan anda menarik sekali namun fakta saat ini sebaliknya. Banyak orang Batak yang tidak menggunakan marganya di KTP.🙂 Sedih, namun begitulah. Di http://www.tarombo.com saya pernah menulis artikel “Malu menjadi orang Batak”, namun itu bukan menjadi bacaan favorit (berarti) di situs ini. Oh well, kita coba bangkitkan bangsa Batak yang muda… jangan menyerah lae…

    Horas
    Ahu
    trombo.com

  3. jangan terlalu memuji siri sendiri seperti katakdalam tempurung, saya sebagai orang batak, justru lebih sering dikecewakan oleh orang batak. Karakter batak yang tidak patut ditiru adalah kalau ada konflik, hanya bernyali jika berjadapan dengansesama orang batak. dan orang batak itu tidak ada apa-apanya dengan suku lain. Koreksi dirilah lae. Kok kenapa bangga jadi orang batak, tapi anda haarus introspeksi diri jadi anggota masyarakat batak.

  4. setuju sama martua sidahuruk..

  5. lae martua sidauruk!

    lae harus bangga jadi orang batak, karena orang batak tidak pernah terhalang bergaul, berbicara di forum, mencari kerja, beradaptasi, tampil dalam adat, merantau ke luar negeri parugamo ( porsea tu Debata), dll, tapi dengan rincian harus menjadi batak yang berkualitas. jangan batak kacangan. karena ‘ BATAK =BANYAK TAKTIK” pahami itu, Ok iae!!!!

  6. Yang Pastinya Aku sendiri Bangga jadi Orang Batak, Saat Ini warga batak sudah makin dipercaya dan jangan dinodai lagi dengan Hal-hal konyol Yang sifatnya Kampungan.
    Mari kita harumkan Nama Batak di seantero Poertibi on, yang kurang mari kita benahi dan kita baguskan.

    Semua Betulllllll,…….!!!!!

    Mari Intropeksi diri

    Mauliate,…….

  7. Don’t be proud, Bro. Bener tuch Mas Ruben…….should be introspected, so the other people welcome U all.

  8. BUAT LAE SIDAURUK , BENAR ALE BILNAG DI KECEWAKAN ORANG , AKU JUGA SERING MENYELESAIKAN MASALAH DI UAR PENGADILAN ALIAS NON LIGITASI , YANG PALING BUAT PENING KEPALA YA ORANG BATAK(DALAM STATUS DIA KLIEN SAYA ) , TAPI BUKAN BERARTI GAK ADA YANG BAIK , ADA MEMANG BEBERAPA OKNUM ORANG BATAK YANG MEMANFAATKAN KEKERABATN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI ,KALAU SAYA AMBIL HIKMAHNYA DENGAN SERING SAYA BERGAUL DGN ORANG BATAK SAYA ETRBIASA WASPADA MENGANTISIPASI ULAR -ULAR SEKELILING SAYA , KARENA AJARAN OPPUNG MARBISUK SONGON ULOK, AJA UDAH MENCIRIKAN KEBIASAAN ORANG BATAK ,

Leave a Reply

